Sepuluh Format Artikel Majalah

Pagi ini saya kembali membuka file-file tulisan lama untuk belajar kembali bagaimana caranya menulis. Salah-satu file yang saya baca tentang bagaimana formatartikel untuk majalahSumber tulisan ini berasal dari buku The Magazine Writer’s Handbook karya Franklynn Peterson dan Judi Kesselman-Turkel. Meminjamistilah Hernowo Hasyim), tulisan ini adalah hasilmengikat makna” saya terhadap buku tersebut dari halaman 50 sampai 81. Berikut Sembilan format artikel majalah tersebut:

13371550361396934748
Sumber: openlibrary.org

How To

Bentuk format artikel How To setidaknya ada duayaitu physical actionsBagaimana caranya melakukan sesuatu aksi yang nyata atau pekerjaan yang objeknya dapat diraba (misal seperti bagaimana caranya membetulkan mobildan intangible actionsmisal bagaimana caranya memperbaiki kualitas hidup atau menyediakan petunjuk (misal seperti bagaimana menginvestasi uangmencari kerja atau lain sebagainya).

Ketika menulis bentuk how to physical actionspenulis harus mengorganisasi petunjuk how to secara berurutan dari awal sampai akhir. Ingatdalam bentuk artikel how to physical actionspembaca pasti mengikuti petunjuk itu satu per satu secara berurutan. Kalau ini tidak adamereka pasti tidak akan mengikuti hasil yang telah dijanjikan.

Sedangkan untuk menulis bentuk how to intangible actionspenulis harus pintar-pintar mengorganisir petunjuk how to. Seringkali dimulai dari petunjuk yang umum terlebih dahulu lalu diakhiri dengan petunjuk yang spesifik. AtauSeringkali dimulai dari petunjuk termudah lalu baru yang tersulit. Dan atauSeringkali dimulai dari petunjuk yang paling menarik pembaca lalu diselang-selingi dengan petunjuk yang kurang diminati.

Artikel how to sebisa mungkin harus sederhanabaik dalam intruksipenyajian ataupun bahasanya. Jangan pakai intruksi yang berbelit-belit dan bahasa berbunga-bunga. Ingatpembaca menginginkan kepastian instruksi dalam artikel how tomaka dari itu sajikan artikel dengan sederhana. Buktikan kepada pembaca bahwa mereka pasti akan mendapatkan hasil pasti (baik berupa produk maupun aksibila mereka mengikuti intruksi tulisanBerikan segala informasi tambahan seputar objek yang ditulis. Jauh lebih baik meninggalkan pembaca dengan tips-tips tambahan khususnya tips bagaimana mencari how to tambahan diluar tulisan.

Profil dan Wawancara

Ini adalah dua bentuk format artikel yang berbeda. Hati-hatikebanyakan orang menyamakan dua bentuk ini lalu mencampur-adukannya. Mari mendefinisikankeduanya untuk memperjelas. Sederhananyaprofil adalah suatu karangan sketsa satu sudut pandang (atau lebihtentang kepribadian atau kehidupan seseorang. (Jangan coba ungkap keseluruhan kepribadian seseorang atau keseluruhan cerita kehidupan seseorang. Tidak ada seorangpun yang dapat mengungkap secara keseluruhan mengenai kehidupan seseorang dalam satu tulisan).

Menulis artikel profil memerlukan riset. Riset bisa berupa wawancara dengan orangnya langsung yang ingin ditulis profilnyaisteri atau suaminyamanajernyateman sekerjanyaanaknyatetangganyaatau seseorang yang mempunyai pandangan terhadap orang yang akan ditulis profilnya.

Bentuk format artikel profil juga berbeda dengan wawancara. Kalau format profil ditulissebagaimana penulisan artikel. Sedangkan wawancara ditulis meniru format tanya-jawab (dalam bahasa Inggris disebut: Q&A). bedanya lagikalau profil hanya menampilkan satu topiksedangkan wawancara bisa melompat dari topik satu ke topik lainnya.

Artikel Informasi

Segala tulisan artikel memberikan informasi. Akan tetapi artikel berformat informasi hanya menekankan informasi sebagai kepentingannya. Untuk mendukung format ini, biasanya digunakan beberapa teknik penulisan: penulisan penjelasan atau eksplanasi, anekdot, kutipan, fakta dan figur. Tujuannya untuk menginformasikan kepada pembaca tentang subyek yang mereka ingin tahu.

Biasanya pada majalah bergenre wanita, format ini ditambahkan dengan format how-to dan disebutartikel servis”. Maksudnyaartikel servis adalah kumpulan artikel yang membahas how-to juga infomasinya what-towhen-towhy-to. Pada majalah pengetahuan, format ini biasanya menuliskan penemuan baru. Pada majalah kesehatanbiasanya membicarakan suatu penyakit (ditambahkan dengan format how-to bagaimana cara hidup yang sehat). Majalah olahraga menggunakannya untuk mengatakan kepada pembaca tentang penemuan teknologi olahraga terbaru. Majalah bisnis mengunakannya untuk menyatakan trend terbaru.

Pengorganisasian menulis artikel berformat informasidapat diurut secara kronologistetapi kebanyakan disusun dari point-point utama lalu ke poin yang khusus. Hal terpenting dalam menyusunnya adalah ketangkasan menulismenulis ulangmencoba diorganisir dengan cara lain, dan menilainya secara kritis.

Satu hal yang utama, artikel informasi juga harus berkonsentrasi pada aspek keunikan pada subyek dan lalu dijadikan topik. Rumusnya, pilih salah-satu pertanyaan kepada subyek dengan rumus 5W + 1H. Adakalanya, di akhir artikel, ditambahkan sepotong bagian how-to terhadap subyek atau sepotong daftar petunjuk agar pembaca yang ingin cari tahu, bisa memulainya dari daftar itu. Contoh, topik tentang perkosaan (di akhir artikel ada daftar tentang crisis center untuk mengadukan kasus atau hanya terapi). Dalam majalah biasanya di sebut kolom sidebar atau box.

Ekspose

Ini adalah pengembangan dari artikel informasi, lalu diinvestigasi lebih lanjut menjadi artikel ekspose. Banyak subyek yang bisa ditulis secara ekpose, namun setidaknya harus mengikuti langkah: (1) Menghadirkan fakta yang membuat shock pembaca (2). Terus hadirkan seikat keakuratantapi harus berhati-hati menghadirkannya. (3). Hindari dengan hati-hati ketika membutuhkan data agar tidak terkena fitnah (libel). Banyak penelitian ekspose yang mengejutkan pikiranpenulis sendiri dan pembaca.

Artikel Human Interest

Cerita pengalaman pribadi menggabungkan beberapa elemen dari kedua format artikel, yaitu profile dan informasi. Ia selalu diorganisasi secara kronologis dan menyoroti suatu aspek dari manusia. Ia mungkin bisa berbentuk ekspose dan how to berdasarkan pengalaman manusiaMisal format personal how-tojika seseorang penulis mempelajari membuat mesin terbang dan penulis tersebut berkeinginan membagi segala teknik unik dengan pembaca lainnya. Misal format ekspose personal juga profile pribadijika kamu terkunci di kamar mandi umum yang terkenal angker selama berjam-jam. Kemudian hantu itu menakutimuKamu dapat mengekspose kamar mandi umum itu dan hantunya, dan kamu sebagai pencerita orang pertama.


Biasanya format tulisan ini yang paling mudah untuk diawali dalam belajar, namun ingat pengalamn yang harus diceritakan harus benar-benar unik atau baru. Penulis profesional bisa juga menggunakan format ini untuk menceritakan pengalaman orang lain, biasanya dalam artikel ada tulis  “seperti yang dikatakan kepada…”


Essay atau Opini Pribadi

Sederhananya, artikel berformat artikel pribadi adalah jika pengalaman penulis sama persis dengan ratusan orang dan penulis tersebut menuangkannya untuk beropini. Setidaknya syarat beropini harus membawa kegelisahan yang sama dengan ratusan orang pembaca. Lain lagi dengan esai. Esai adalah kesatuan opini yang dikontruksi dari beberapa faktaargumen dan kesimpulan yang disaring melalui sudut pandang penulis. Genre ini sangat disaran tidak dikirim untuk formatmajalah

Humor

Humor sebenarnya adalah variasi dari beberapa format artikel yang telah disebutkan. Kalau itu disendirikanjarang ada yang mempublikasikannya karena lebihbaik dikirim ke skenario humor sitkom.

Inspirasi

Dalam beberapa hal, orang bisa menyebut artikel inspirasi adalah bentuk dari format How-To. Format ini mengatakan ke para pembaca bagaimana caranya “feel Good” atau bagaimana caranya melakukan hal-hal yang terbaikbagaimana caranya merasa baik untuk diri sendiribagaimana caranya melakukan dengan baik dalam menjual barang apapun. Kebanyakan artikel inspirasi berasal dari pengalaman pribadi dan mempunyai pesan moral.

Teknik menulis artikel inspirasi sedikit berbeda dari yang digunakan untuk menulis profil dan pengalaman pribadi. Pada dua artikel tersebutpenulis berkonsentrasi pada satu topikdalam artikel inpirasifokus selalu pada poin menginspirasi yang kamu ingin buat.

Artikel Sejarah

Artikel bersejarah bukannya artikel yang mengatakan kejadian di masa lalu. Itu tidak menjual. Artikel bersejarah harus:

    1. mengatakan peristiwa atau orang yang menarik ribuan bahkan jutaan pembaca
    2. fokus pada satu sudut pandang tentang subyek
    3. diorganisasi secara logika (selalu kronologis).
    4. Mengatakan kepada pembaca sesuatu yang penting yang mereka belum tahu.
    5. Dan dikatakan dengan kebiasaan tidak biasa.

Roundup

Roundup adalah koleksi dari sedikit atau potongan informasianekdotkutipanopiniresepatau dari apapun dari banyak sumber dengan satu tema. Majalah banyak menyukai ini karena tiga alasan:

a. Ia selalu memainkan keajaiban dari suatu bilangan di dalam judulnyaMisal, 24 Cara Agar Anda Menemukan Keberuntungan Dalam Satu Hari.

b. Ia selalu memainkan keajaiban dari nama besar atau artisMisal judulArtis-Artis Luar Negeri Yang Gagal Konser Di Indonesia.

c. Ia selalu memainkan keajaiban dari grafis atau lay outMisal dalam asatu artikel roundup, dikumpulkan koleksi foto yang bertemakan orang-orang yang selamat dari kecelakaan pesawat sepanjang masa karena kelalaian orang-orang tersebut.

Tulisan Ini Adalah Repost Dari Tulisan Saya Sendiri Di  Kompasiana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s