Keunggulan Hukumpedia

Hukumpedia
Sumber Gambar: Hukumpedia.com

Mawar Putih dan Oknum Penjahat. Ini ada dua nama user Blog Sosial Hukumpedia. Mereka berdua lebih memilih menggunakan akun anonim. Walau menggunakan anonim, mereka berdua diberi “ruang” untuk terus bisa menulis di blog keroyokan bertema hukum itu.

Inilah salah satu keunggulan dari Hukumpedia, portal sosial milik hukumonline.com. Keunggulan tersebut bisa dirangkum dalam petuah (quote) “perhatikan saja apa yang dibicarakan, jangan perhatikan siapa yang bicara.”


Quote itu dalam bahasa hukum diterjemahkan dalam prinsip kesetaraan, semua sama dan adil di hadapan editorial Hukumpedia. Ada 9 kebijakan editorial yang menjabarkan prinsip kesetaraan ini. Yakni: prinsip Independensi, Pertukaran Ide, Akurasi, Integritas, Keadilan, perlindungan Privasi, Akuntabilitas, “do not harm”, dan Intervensi Minimalis.

9 butir kebijakan editorial Hukumpedia membuat akun Mawar Putih dan Oknum Penjahat merdeka menulis atau komen apa saja asal tidak melanggar kebijakan layanan ber-hukumpedia-isme (ya bisa dibilang, syarat dan ketentuan berlaku merujuk pada Kebijakan Layanan Hukumpedia).

****

Jika anda sekarang membuka hukumpedia.com, semua poin yang saya jabarkan sebelum alinea tulisan ini dapat ditemukan dengan mudah. Dari dua akun anonim sampai dua kebijakan Hukumpediaisme.

Selain bebas berekspresi, keunggulan lain dari hukumpedia adalah penggunanya disediakan lisensi hak cipta tulisan. Jadi jika anda baru menayangkan tulisan pertama kali di hukumpedia, mau tak mau anda akan ter-edukasi tentang hak cipta tulisan.

Yang perlu dipahami, semua pilihan lisensi itu beratribusi. Maksudnya, tulisan anda walaupun di-copas sama persis (atau digubah / adaptasi) harus mencantumkan nama anda sebagai pencipta awal tulisan tersebut.

Dalam hukumpedia sendiri, ada 4 pilihan lisensi beratribusi. CC BY, CC BY-SA, CC BY-NC DAN CC BY-NC-SA. Paling umum atau paling banyak digunakan itu yang berkode CC BY, yang artinya orang lain dizinkan untuk …(lebih jelasnya silah lihat di creativecommon.or.id).

Dua keunggulan hukumpedia yang telah disebutkan tadi, menjadikan portal sosial ini benar-benar menerapkan: Peraturan hukum itu ramah bagi yang ingin mengenal atau mempelajarinya.

****

Lalu apa yang membuat hukumpedia itu unik dari jenis-jenis blog keroyokan lainnya di Indonesia? Fokus. Ya hanya fokus membicarakan hukum. Ilustrasi mudahnya, jika anda sering aktif menulis dan berkomentar di hukumpedia, maka seperti sedang belajar di Strata Satu Hukum, bahkan S2 atau S3 Hukum.

Pernah mendengar ungkapan “lebih baik menguasai satu bidang namun mendalaminya daripada menguasai beberapa bidang tapi hanya mengenal permukaannya saja”? Nah ungkapan ini cocok dengan fokus tema hukum di hukumpedia.

Bagi netizen yang aktif menulis dan berkomentar oleh hukumpedia sendiri akan dibantu, tepatnya diberi penghargaan peringkat dan lencana sampai netizen itu mendapatkan gelar “Penasihat,” mantap bukan?

Jadi sering-seringlah menulis dan berkomentar di hukumpedia agar anda mendapat gelar Penulis -> Pegiat -> Peneliti -> Pemikir -> Penasihat. Manfaatnya banyak ketika anda mendapat gelar Penasihat terutama untuk portofolio (pengalaman kerja) di bidang hukum.

Fitur-Peringkat-Hukumpedia
Sumber gambar: Hukumpedia.com
Iklan

8 thoughts on “Keunggulan Hukumpedia”

    1. Nah itu dia Mbak Lidya, beberapa hari ini pengin nulis di hukumpedia jadinya. Buat aliansi di Hukumpedia yuk, isinya anggota blogger yang kenal kopdar gitu, kayaknya asik 🙂

    1. wuiih karirnya masa mau jadi Manajer Artis, sekalian Artisnya ajah ngambil jurusan nyanyik2 gitu eh ….nah itu dia aktif di hukupedia jadi tahu lebih mana yang salah dan mana yang bener..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s