Manampin-Girsang-MeubelPreneur-Gabe
Dokumen Pribadi

Membaca awal-awal halaman buku ini, langsung teringat dengan rumusan skenario film aksi. Nama rumusan itu adalah 9 babak, pengembangan dari 3 babak klise: Pembukaan, Konflik dan Penyelesaiannya.

Dalam skenario 9 babak, tokoh utamanya tidak punya kekuatan super dan memang tidak di-plot sebagai jagoan. Karakter utama adalah seorang yang biasa sama seperti orang-orang umumnya.

Prolog

Nama tokoh utamanya Manampin Girsang, dia berlatarbelakang orang biasa, bukan keturunan orang kaya atau orang terkenal di Indonesia. Kelahiran Berastagi, D O UI Depok, berkelana di Bali dan sekarang menetap di Jepara.

Pengenalan singkat penulis buku ini terangkum di Kata Pengantar. Tidak biasa memang di Bab Kata Pengantar berisi cerita, tapi inilah kelebihan buku yang diterbitkan Grasindo.

Bisa disebut sebagai Prolog malah, ya karena bahasa pengantarnya dikemas narasi. Gaya bahasa storytelling ini akan terus-menerus ditemui sampai akhir bab buku ini.

Padahal buku bersampul coklat kemerah-merahan ini bukan buku berjenis fiksi, melainkan biografi plus motivasi. Biasanya buku non-fiksi bahasanya berat berisi istilah-istilah teknis. Kalaupun ada bahasa sehari-hari atau petuah dalam buku biografi umumnya diterjemahkan dalam bahasa Inggris (asing)/Quote.

Berbeda dengan buku terbitan Maret 2015 ini karena ditulis dengan bahasa fiksi (ada narasi dan dialog), pembaca menjadi tidak bosan untuk terus membaca. Malah tambah penasaran karena di bab pertama ada plot sang tokoh utama mendapat bantuan.

Ya di bab “Pemahaman Yang Tepat” pembaca langsung disuguhkan konflik berupa titik balik Manampin Girsang mendapatkan pertolongan dari Giovanni, bule dari Italia. Titik balik setelah Pipin (nama panggilan akrab tokoh utama) Drop Out dari UI dan bertahan selama beberapa bulan di Bali dengan uang 1,5 Juta

Ngomong-ngomong mendapat bantuan, ada petuah (Quote) menarik dari Pipin (panggilan akrab Manampin Girsang) “Anda perlu memiliki mentor bisnis. Anda perlu belajar dari orang-orang yang telah terjun dalam bisnis yang ingin anda tekuni.”

Nah ini yang menarik lagi dari buku berhalaman 169, yaitu petuah berupa rahasia-rahasia bisnis Pipin dapat ditemukan di sepanjang bab dengan penanda kalimat tercetak tebal (bold) atau miring (italic). Jadi pembaca tidak bersusah payah memeras otak hanya untuk mengambil intisari apa pesan moral dari setiap cerita di masing-masing bab buku.

Judul per bab juga sangat membantu pembaca untuk tahu bahwa yang dibahas tema tertentu, dari pada bab yang hanya diberi judul I, II, II, IV, dan seterusnya. Ada 12 bab yang tersaji: (1). Pemahaman Yang Tepat, (2). Langkah Awal Memulai Usaha, (3). Mengenal Bahan Baku Kayu, (4). Bagaimana Saya Membangun Situs, (5). Mengenal Buyer, (6). Tehnik Negoisasi, (8). Memenuhi Pesanan Pelanggan, (9). Mengenal Model Dan Memperkirakan Harga, (10). Pengiriman Barang, (11). Membangun Cash Flow Yang Sehat, dan (12). Key Faktor Dan Mimpi saya.

Wirausaha Meubel

Bukunya sendiri Berjudul MeubelPreneur: Belajar Bisnis Kayu Dari Jatuh-Bangun Dan Kesuksesan Pelaku Bisnis Langsung. Andaikan buku ini terpajang di rak toko buku dan dilihat oleh calon pembeli, calon itu pasti akan menyangka buku ini mengajarkan cara berbisnis kayu meubel.

Anggapan itu tidak sepenuhnya salah, hampir 90 % bahasan buku ini memang membicarakan proses usaha kayu meubel, terutama dimulai dari bab “Mengenal Bahan Baku Baku Kayu” sampai bab “Membangun Cash Flow Yang Sehat.”

Dari bahasan utama ini, pembaca akan disuguhkan benar-benar tutorial praktis bagaimana menjadi pelaku bisnis kayu furniture. Jadi jika pembaca buku ini memang benar-benar ingin menjadi pemain dalam jual-beli kayu meubel skala internasional, buku Manampin Girsang ini sangat bisa dijadikan panduan.

Misal untuk pemain pemula yang ingin berbisnis Meubel, Pipin menyarankan jadilah agen terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengenali pasar lebih rinci baik dari pemasok maupun dari pembeli dan juga bahan baku.

Akan tetapi, saran Pipin jangan jadi agen yang berkarakter broker atau calo. Yakni mereka yang sering menunda pembayaran dengan berbagai alasan terutama alasan belum terima pembayaran dari partner atau klien.

.      ****

Bagi orang kebanyakan, buku ini juga sangat berguna terutama bagi mereka yang ingin memulai usaha rintisan (startup) yang mengkhususkan pada usaha jual beli non-jasa. Rahasia-rahasia berbisnis yang di-share dalam buku ini sangat bisa dijadikan cetak biru ( blue print) memulai berwirausaha.

Dapatkan buku ini di seluruh toko buku cabang Gramedia atau hubungi:

Bapak Rizal.
Alamat email: rizal@i-gabe.com CC: pipin@i-gabe.com
Hp. 0881 396 4558
Harga Rp. 35.000,- sudah termasuk ongkos kirim ke alamat seluruh Indonesia.
Iklan