Smartfren-4G-LTE-Advanced

Smartfren 4G LTE Advanced: Kekuatan Konvergensi

Masih ingat sejarah terbentuknya Smartfren? Maret 2010, dua kekuatan operator seluler CDMA bersinergi menjadi Smarfren. Lima tahun pun berlalu, Smartfren masih bertahan dalam persaingan. Bahkan saat ini menjadi terdepan di kota-kota seluruh Indonesia dalam melayani jaringan telepon 4G.

Rahasia umum mengapa Smarfren menjadi satu-satunya operator seluler yang paling luas jangkauan 4G, saya ketahui kemarin sewaktu menghadiri acara Media Update Smartfren 4G LTE Advanced di The Terrace, Senayan National Golf Club, Jakarta (Senin, 25 Januari 2016).

Ya rahasia umum sebab sudah banyak diketahui banyak orang namun rahasia ini baru Smartfren yang menggunakannya di persaingan teknologi komunikasi di Indonesia. Hasilnya tidak main-main, dalam waktu 6 bulan dari Agustus 2015 sampai desember 2015 jaringan Smartfren 4G LTE sudah menjangkau 85 kota dari yang tadinya 22 kota.

“Di tahun 2016 ini Smartfren adalah satu-satunya operator seluler di dunia dengan penetrasi jumlah kota terbanyak, 85 kota. Penetrasi akan terus berkembang menuju 514 kota di seluruh Indonesia,” kata Merza Fachys, Direktur Smartfren Telecom.

Merza-Fachys-Direktur-Smartfren-Telecom
Merza Fachys, Direktur Smartfren Telecom

Yang saya mau highlight di sini adalah, resep rahasianya itu sudah dilakukan dari 2010 sampai saat ini. Yakni sinergi atau bisa dikatakan konvergensi. Sinergi di sini diartikan bukan hanya pengabungan dua atau lebih kekuatan tapi masing-masing kekuatan tersebut berjalan sendiri-sendiri (bundling), melainkan dua atau lebih kekuatan yang bergabung saling dukung membentuk hasil yang sempurna (konvergensi).

“Tidak perlu waktu tahunan bagi Smartfren untuk menyediakan jaringan 4G LTE Advanced di 85 kota, syaratnya harus ada dukungan. Terimakasih kepada Nokia dan ZTE yang telah mendukung sampai saat ini dan ke depannya nanti,” ujar VP Special Project Network Smartfren, Munir.

VP-Special-Project-Network-Smartfren-Munir
VP Special Project Network Smartfren, Munir
Infrastructure Partner

Kalau di tahun 2010 bentuk konvergensinya berupa kerjasama merger, lalu di tahun 2015 apa bentuk konvergensi antara Smartfren, Nokia dan ZTE?

“Dalam rangka memberikan kepuasan user experience dalam menggunakan jaringan LTE, Nokia men-support Smartfren dengan teknologi Small Cell,” kata Head Of Marketing & Communication Nokia Solutions and Networks Indonesia, Nico Steffanus Sutikno.

Head-Marketing-Communication-Nokia-Solutions-Networks-Indonesia-Nico-Steffanus-Sutikno
Head Of Marketing & Communication Nokia Solutions and Networks Indonesia, Nico Steffanus Sutikno

Small Cell sendiri adalah perangkat yang bisa mengoptimalkan sinyal jaringan LTE di area-area blind spot dan blank spot. Menurut Nico, Smartfren merupakan operator pertama yang menerapkan LTE Advance Small Cell berkat komitmen berpartner dengan Nokia.

Sedangkan dari ZTE Indonesia, ada tiga bentuk dukungan yaitu penggabungan FDD dengan TDD, Carrier Aggrecation (CA) dan Self Organizing Network untuk memberikan akses network LTE yang lebih baik kepada pelanggan Smarfren.

“Teknologi FDD memberikan jangkauan Smartfren 4G LTE menjadi lebih luas, sementara TDD menghasilkan kapasitas download atau akses internet menjadi sangat cepat,” kata Head of Solutions Dept ZTE Indonesia, Arie Marsenaldi. Penggabungan dua teknologi 4G LTE ini menjadikan Smartfren sebagai operator 4G LTE pertama di dunia yang menggabungkan FDD dan TDD secara bersamaan.

FDD adalah spektrum jaringan Frequency Division Duplex yang berjalan di frekuensi 850 MHz dan TDD adalah spektrum jaringan Time Division Duplex yang beroperasi di frekuensi 2300 MHz.

Selain itu, ZTE Indonesia memberikan solusi Carrier Aggrecation. Carrier Aggrecation di jaringan 4G LTE Cat.6 sangat penting karena network 4G memerlukan penggunaan bandwitch yang lebih besar, minimal 100 MHz.

“Nah Carrier Aggrecation hadir untuk memberikan jawaban masalah penggunaan bandwitch 4G yang memang belum tersedia di Indonesia,” Ujar Arie. Teknologi CA sendiri adalah perangkat yang memberikan kestabilan kecepatan penggunaan bandwitch LTE. Di Smartfren disebut sebagai 4G LTE Advanced, satu solusi yang bekerja doubel bandwitch dalam frekuensi 2300 MHz.

ZTE Indonesia juga mendukung Smartfren 4G LTE Advanced dalam bentuk Self Organizing Network. Yakni sistem manajemen yang mengatur secara otomatis kapasitas-kapasitas jaringan LTE agar lebih optimal penggunaannya ke para pelanggan Smarfren.

Manfaat Smartfren 4G LTE Advanced

Dari hadir di acara Media Update Smartfren 4G LTE Advanced sampai tulisan ini dibuat, saya belum menjadi pelanggan Smartfren. Nah dari penjelasan-penjelasan di acara kemarin, saya dibuat terkagum “wow ternyata Smarfren updatenya sudah sejauh ini.”

Dalam bayangan saya jika mempunyai Andromax 4G LTE seri terbaru dari Smarfren, berarti saya bisa merasakan manfaat kecanggihan sinyal Smartfren 4G LTE Advanced seperti True Unlimited yang stabil sekaligus cepat. HARUS PUNYA

Iklan

5 thoughts on “Smartfren 4G LTE Advanced: Kekuatan Konvergensi”

  1. Saya sudah pakai mas, pakai yg True unlimited dengan harga 75rb/bulan.
    Pakai bundling dari hisense pureshot plus.
    Hampir semua jalur yg saya lewati di semarang, sudah tercover 4G-LTE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s