Creative Minded, Trend Online Shop Memenangkan Persaingan

Seorang CEO (Chief Executive Officer) yang seharusnya berpenampilan rapih, di iklan TV rela berendam di akuarium ikan rumahan. Bisa dibayangkan, kok bisa demi apa dia melakukan begitu?

Tidak lain tidak bukan demi memenangkan persaingan. Hasilnya terlihat sampai sekarang, ungkapan “ikan-ikan apa yang bikin ceria?” dihafal kebanyakan orang. Tidak hanya itu, Bukalapak mendapat manfaat secara langsung dari iklan TV itu.

“Begitu lihat iklan kreatif Bukalapak, sebagian orang langsung penasaran dan buka Bukalapak.com di smartphone-nya,” kata Achmad Zacky, CEO Bukalapak.com di acara NgopiNet Bersama Samsung Galaxy Note 5 (Kamis, 04 Februari 2016).

Lanjut CEO yang suka bercelana pendek itu, kreatif menjadi kunci untuk memenangkan persaingan online shop saat ini. “Sekarang semua orang bisa berkesempatan mempunyai toko online tanpa modal. Kesempatan ini membuat persaingan di dunia Online Shop bukan lagi mengandalkan Capital Minded tapi Creative Minded,” jelasnya

Creative Minded membutuhkan pencarian terus menerus hal-hal apa yang kreatif dan terbarukan untuk diaplikasikan di toko online. Apa yang dilakukan CEO yang tidak suka dipanggil ‘Ahmad tanpa C’ ini hanya salah satu contoh hal kreatif.

Hal kreatif lainnya yang dapat dilakukan tanpa modal adalah, memanfaatkan smartphone untuk meningkatkan penjualan online. Tips dari Lucky Sebastian (seorang Gadget Enthusiast. Seorang yang setiap hari ngoprek smartphone-smartphone baru), hanya dari smartphone sangat bisa untuk mengoptimasi gambar produk yang dijual.

“Salah satu kunci utama berbisnis Online Shop ada di gambar. Gambar atau foto bisa memvisualisasikan produk online shop itu bagus atau tidak. Foto produk yang menarik dan bagus, akan mempengaruhi calon konsumen melihat lebih dalam tentang produk itu,” jelas Lucky di acara yang berlangsung di Tartine Restaurant FX Mall, Jakarta.

Sebaliknya, kalau visualisasi produk sembarangan atau berantakan, kebanyakan calon konsumen tidak mau lagi mengetahui lebih dalam karena tidak yakin dengan kualitas barang yang dijual itu.

Star With A Note

“Saya akan menunjukkan bagaimana Fitur-fitur Samsung Galaxy Note 5 bisa dijadikan tools yang hebat buat online shop,” ujar pria asal Bandung ini kepada para peserta acara bertema Scale Up On Online Sales With Smartphone.

Menurut pendiri komunitas penggemar gadget, Gadtorade, kamera Note 5 yang beresolusi 16 MP mampu merekayasa foto produk sehingga orang yang melihatnya tertarik membeli produk itu.

“Dari bagaimana menampikan detail produk, mengatur warna produk lebih catchy, membuat gambar produk bergerak naik-turun sampai gambar berputar 360 derajat, itu semuanya dapat dilakukan oleh Note 5,” kata narasumber yang awalnya berprofesi Arsitek ini.

Masih ada lagi fitur Video Collect, fitur yang bisa mengatur 4 gambar produk berbeda-beda menjadi satu video kolaborasi. Lalu Live Broadcast, pemilik toko online bisa menampilkan video cara pembuatan produk yang dijual.

“Fitur Off Screen Memo juga bisa dimanfaatkan online shop. Misal mencatat nomer telepon atau alamat rumah tidak lagi mencari kertas tapi langsung bisa ditulis menggunakan pen ke layar Note 5. Note 5 langsung bisa menerjemahkan tulisan-tulisan itu ke data digital,” ujar Lucky Sebastian.

Alice Norin, Artis dan CEO online shop 8Wood yang hadir di acara sebagai narasumber, juga menyukai fitur-fitur kreatif Note 5. “Saya senang banget fitur Scroll Capture karena untuk mengumpulkan gambar bisa sekaligus 22 gambar, buat ide pengembangan desain 8Wood,” kata artis yang pernah tertipu partner bisnis telekomunikasi ini.

Kalau lagi buka Instagram, Alice juga sering mengandalkan fitur Smart Select di Note 5 untuk mengumpulkan gambar tanpa harus memotong tampilan ketika di-screen shot. “satu lagi yang saya suka dari Note 5 itu Apps Trello. Di apps ini saya dan tim bisa membahas pengembangan Online Shop. Misal ada gambar yang di-capture langsung bisa didiskusikan di Trello, jelasnya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s