Hands-On Review: OPPO F1 Selfie Expert

Rio haryanto & Isyana Sarasvati - Brand Ambassador OPPO F1

Berawal dari OPPOrtunity, mulai 2016 jadilah jargon OPPO dari Smart Phone berubah ke Camera Phone. Keberanian tranformasi tagline ini karena OPPO melihat peluang di kalangan muda era digital sangat mudah mengekspresikan diri pribadi melalui fotografi yang dinamakan Selfie lalu di-share ke berbagai media sosial.

Untuk itu mereka sangat ingin satu product yang benar-benar mengunggulkan fitur fotografi. Melalui fitur fotografi unggulan, mereka ingin menceritakan ekpresi diri pribadi di manapun tempatnya dan kapan pun waktunya.

OPPO menangkap kesempatan itu dengan membuat OPPO F Series yang mengunggulkan teknologi kamera depan. Camera Phone yang pertama diluncurkan dari F Series adalah F1 Selfie Expert.

Kamera

Kamera depan OPPO F1 8 MP dengan sensor yang lebih besar 1 1/4 inchi dan f/2.0 aperture.  Dengan kombinasi 3 parameter ini, cahaya yang masuk ke dalam lensa dan sensor lebih banyak dengan area pixel sensor lebih besar. Akibatnya, sinyal gambar yang ditangkap detail, cerah dan tajam.

Kamera depan OPPO F1 juga dibekali fitur-fitur untuk mendukung selfie yang tidak ribet dan bervariasi.

  • Fitur Beautify 3.0 memanfaatkan focus faces detection. Hanya mengelola dari area wajah, optimasi Beautify membuat wajah tetap terang, cerah dan netral.
  • Fitur Filter. Ada 8 variasi Filter. Pengguna bisa memilih filter nuansa dan tone mana yang cocok sebelum memotret selfie (preview).
  • Fitur Palm Shutter. Fitur yang berguna untuk memudahkan pemotretan. Fitur ini akan mendeteksi hitungan count down jari tangan untuk memulai memotret, berapapun jumlah jari tangan pengguna dilambaikan.
  • Fitur Screen Flash. Fitur yang berguna ketika lokasi pemotretan minim cahaya. Fitur ini memanfaatkan layar menjadi cahaya penerang. Ketika di ruangan indoor atau malam hari, fitur ini bisa diaktifkan. Hasilnya, foto cerah dan natural dibandingkan menggunakan mode LED Flash (yang membuat mata menjadi sipit di hasil foto selfie).
Filter Kamera Depan
Filter Kamera Depan F1
fitur kamera belakang
Fitur Kamera Depan F1

Kamera belakang beresolusi 13 MP. Adapun fitur-fitur kamera belakang terdiri dari ISOCELL, sensor yang membuat gambar berkualitas prima. PDAF (Phase Detection Autofocus), fitur yang menampilkan fokus gambar hanya 0,1 detik. Anti Shake, fitur yang secara otomatis memilih gambar terbaik dari buffer beberapa gambar saat tombol shutter ditekan. Serta, Pure Image 20+, fitur filter yang membuat hasil foto lebih profesional.

Desain dan Layar

Desain F1 tampilannya Micro Arc Frame, tiap sudut dan sisinya membulat sehingga rangka terkesan mewah dan premium. Belum lagi bahan desain F1 terbuat dari Silk Metal. Pemolesan dan finishing-nya yang melalui 40 prosedur membuat cover desain begitu solid, anti karat dan halus digenggam.

Desain-Bezel

Pada bagian bezel (bagian frame luar layar) F1 tidak ada celah sedikitpun. Flowing Line di bagian bezel berwarna silver dan gold di bagian sampingnya, menutup gap cover depan dan belakang. Tampilan bezel jadi mewah namun low profile.

Layar OPPO F1 menggunakan layar lengkung 2.5D. Layar lengkung ini membusur 60 derajat menyatu dengan bezel di samping. Ukuran layar F1 memiliki ukuran layar 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Panel layar menggunakan IPS TFT dan lapisan kacanya diproteksi Corning Gorilla Glass 4.

Hardware dan Software

Untuk mendukung selfie expert experience yang nyaman, F1 menggunakan prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5 GHz dengan RAM 3 GB. Kapasitas internal F1 16 GB yang dapat diperluas hingga 128 GB dengan Micro SD.

Hardware

Sistem operasi OPPO F1 menggunakan Color OS 2.1. Sistem operasi ini mempunyai keunggulan otomatis menghapus daya ruang RAM yang tak terpakai. Cepat, stabil dan hemat. 30 % lebih cepat dalam proses peangaktifan perangkat. 2 kali lipat lebih cepat dalam pengaktifan aplikasi. Multitasking yang lebih smooth.

colo OS
Penghematan pada RAM bisa dilihat di performa kecepatan RAM. Di OPPO F1 dalam kondisi stand by, penggunaan RAM di bawah 30 %. Dalam kondisi penggunaan 40 aplikasi tanpa menutup semua aplikasi, penggunaan RAM hanya sampai 80 %.

Penggunaan RAM yang efektif karena dalam OPPO F1 ada fitur Smart Clean. Fitur ini bisa mengenal apps yang jarang digunakan ketika dibuka. Selama 10 menit berturut-turut tidak digunakan, Smart Clean akan menutup apps itu. Fitur ini memberikan keleluasaan pada ruang RAM untuk menjalankan app lain.

Konektivitas

Untuk fitur koneksi internet, OPPO F1 sudah dibekali dengan dukungan jaringan 4G/LTE. Untuk F1 sudah memiliki fitur koneksi LTE Cat6. Jadi bisa digunakan untuk berkomunikasi VoLTE (Voice over LTE) dan memang sudah disediakan di F1.

Di OPPO F1 juga ada keterangan alamat yang bisa dihubungi ketika diperlukan
Di OPPO F1 juga ada keterangan alamat yang bisa dihubungi ketika diperlukan

 

Iklan

9 thoughts on “Hands-On Review: OPPO F1 Selfie Expert”

  1. Saya sudah coba speknya, dari sisi desain saya suka dan nyaman di tangan. Mirip kayak Oppo R7s, dan kalau bilang kamera masih unggul R7s. Cuma kamera F1 ini sudah lumayan. Gak nolak kalo ada yang mau kasih sponsor ini hape. :mrgreen:

    1. Nah itu dia, sewaktu acara Hands On itu , pihak OPPO bilang: ini mirip R7s, bedanya F1 lebih murah karena Qualcomm ngasih murah prosesor spek tingginya karena OPPO sering langganan prosesor naga ini….Wuih mau saya juga mau ada yang ngasih buat tes…. 🙂

      1. Lebih tepatnya mirip R7 lite bukan yang S. Tapi R7s spek chip masih belum gahar. Tapi okelah untuk performa dan kamera saya suka. Kalo F1 suka desainnya compact.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s