ASUS Zenfone 3: Built For Incredible Photography

Zenfone 3 Merupakan Smartphone Unggulan Terbaru ASUS Hasil Dari Inovasi In Search Incredible
Zenfone 3 Merupakan Smartphone High-End Berkualitas Premium
Zenfone 3 Merupakan Smartphone Crystal Beauty Built Photography

asus-zenfone-3-photography

Menyaksikan ZENVOLUTION: Indonesia Product Launch Event (Rabu, 7/09/2016), luar biasa banyak cerita yang mesti ditulis. Tidak cukup dirangkum dalam satu tulisan. Masing-masing produk terbaru ASUS mempunyai keunikan tersendiri yang harus diceritakan.

Produk pertama yang dipresentasikan di Bali Nusa Dua Convention Center, adalah Zenfone generasi ke-3. Begitu melihat penampakannya di layar presentasi, kesan yang didapat dari smartphone ASUS ini adalah sempurna dalam 2 hal.

Dua hal itu terangkum dalam kemewahan desain dan inovasi teknologi. Zenfone 3 membungkus dua hal itu secara sempurna. “Kesempurnaan Zenfone 3 dimulai dari Crystal Beauty Design. Bagaimana keindahan desain smartphone kami bisa terbentuk dari solid metal sehingga nampak mewah?” kata Rex Lee (ASUS APAC General Manager) di hadapan para jurnalis dan blogger.

rex-lee-asus-apac-general-manager-zenfone-3
Menurut Rex Lee jawabannya adalah, karena cover depan dan belakang terbuat dari Gorilla Glass yang melengkung simetris sebesar 2.5D. Kemewahan cover inilah yang membuat Zenfone 3 terlihat lembut berkilau dengan 4 pilihan warna pastel yang cerah ceria.

Kemewahan juga nampak di layar Super IPS-nya. ASUS memasang teknologi layar lebar (widescreen) di layar Zenfone dengan rasio sebesar 77 % layar-to-body. Efek teknologi super IPS-nya sebesar 600 nits juga membuat widescreen masih terasa cerah ketika layar digunakan di bawah guyuran terik sinar matahari. Tidak ketinggalan bezel sebesar 2.1 mm juga masih memperkuat rangka agar layar ketika disentuh, nyaman digunakan.

layar-widescreen-asus-zenfone-3

PixelMaster 3.0

Kesempurnaan berikutnya tertanam di kamera berteknologi PixelMaster generasi 3.0. Kamera belakang menggunakan sensor dari Sony IMX 298 yang berukuran 16 MP. “sensor kamera terlapisi 6 lensa fokus dan terlindungi cover kaca Sapphire. Cover kaca ini akan menjaga lensa agar tidak tergores dan rusak,” ujar General Manager ber-jas hitam itu.

kamera-16-mp-asus-zenfone-3
Kamera depan dan belakang Zenfone 3, sama sama ber-aperture f/2.0. Bedanya kamera depan berukuran 8 MP dan memilki fitur seperti kamera action cam, bisa mengambil foto selfie dengan sudut gambar yang luas sebesar 84 derajat.

Itu baru penjelasan komponen dasar kamera Zenfone 3, lalu bagaimana dengan fitur-fitur teknologi PixelMasr 3.0? Rex Lee pertama menjelaskan tentang fitur Auto-Focus. Untuk mengambiil foto di luar ruang (outdoor) yang cukup cahaya, ASUS tidak lagi menggunakan Contras Detect Autofocus (CDAF) melainkan Phase Detection Autofokus (PDAF) dengan kecepatan mendeteksi 0.03 second.

phase-detection-autofokus-pdaf-asus-zenfone-3
Cara kerja PDAF oleh ASUS disempurnakan lagi dengan sistem Laser Auto Focus berkecepatan 0.03 second, jika jarak obyek yang difoto berjarak menengah atau jauh serta jika obyek berada di dalam ruang (indoor) atau di lingkungan kurang cahaya.

Kalau obyek foto bergerak cepat, fitur Continuous Auto Focus akan berfungsi mendeteksi secara real time untuk dipotret. Jadi tiga fitur auto focus berfungsi sekaligus untuk mendapatkan hasil obyek yang tidak blur dan cahaya obyek tidak pecah.

Untuk hasil foto yang tajam, ASUS juga menggunakan sistem Optical Image Stabilisation (OIS) di Zenfone 3. Sistem ini berguna untuk meredam getaran tangan atau berguna ketika pemotret dalam situasi bergerak (misal di dalam kendaraan yang bergerak).

optical-image-stabilisation-ois-asus-zenfone-3
Nah berfungsi sama seperti OIS, untuk pengambilan adegan video ASUS menggunakan sistem  Electronic Image Stabilization (EIS). Hasil adegan video yang diambil tetap fokus dan tidak goyang walau direkam dalam keadaan bergerak.

Di saat presentasi tentang sistem pengambilan foto PixelMaster, Rex sedikit menjelaskan tentang kualitas gambar video yang dihasilkan dari rekaman Zenfone 3. Penjelasan ini ada hubungannya dengan EIS tadi, walaupun direkam dalam keadaan bergerak hasil gambar video yang didapat berkualitas 4K UHD (3840*2160).

4k-uhd-asus-zenfone-3
“Kualitas 4K UHD ini hanya bisa didapat di smartphone-smartphone premium. Di lini high-end baru Zenfone 3 yang menggunakannya,” Klaim Rex Lee sembari menyebut dua merek pesaing di lini high-end.

Menurut Rex, kualitas rekaman video 4K UHD hanya bisa dihasilkan dari sensor kamera berkualitas baik dan sistem pengambilan rekaman video terbaik. Dan kedua hal itu telah dimiliki Zenfone 3.

Butuh foto yang dihasilkan dari kamera Zenfone 3 untuk dicetak? Jangan khawatir, hasil cetakannya tidak akan pecah karena ASUS menggunakan sistem DTI Technology. Sistem DTI berguna untuk megisolasi atau mengikat pixel gambar foto sehingga kualitas gambar detail dan jelas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Termasuk juga warna foto yang dihasilkan kamera Zenfone 3, detail dan jelas. Hal ini karena sensor Superior Colors akan secara otomatis mengkoreksi kesalahan warna RGB yang grayscale (abu-abu) menjadi tajam kembali.

Kamera Zenfone 3 juga dapat diandalkan untuk memotret pemandangan yang sangat kontras, kelebihan cahaya atau malah sangat kurang cahaya.  Pemotret tinggal mengaktikan fitur High Dynamic Range (HDR) maka foto yang dihasilkan berkualitas real time dan natural karena gambar 4 kali lebih jelas. Fitur HDR juga dapat digunakan untuk pengambilan gambar video.

high-dynamic-range-hdr-asus-zenfone-3
Begitu juga ketika objek yang mau dipotret cahayanya hanya bersumber dari lampu penerang di malam hari. Tinggal mengaktifikan mode Low Light, maka kamera Zenfone 3 hanya akan menghasilkan foto dari piksel yang lebih rendah. Hasil foto dalam mode ini adalah yang terbaik karena tidak semua cahaya malam masuk ke kamera.

Dari mode Low Light ini, pemotret Zenfone 3 juga bisa menggunakan teknik Long Exposure. Tinggal mengkombinasikannya sekaligus dengan fitur Shutter Speed, Aperture dan ISO ke tingkat maksimal. Di kamera Zenfone 3, kelambatan maksimal Shutter Speed bisa diatur sampai 32 second.

20-mode-pixelmaster-asus-zenfone-3
Masih banyak lagi fitur-fitur PixelMaster 3.0 di Zenfone 3. Ada 20 mode fitur diantaranya sudah dijelaskan di atas. Smartphone seharga Rp 4,099,000 ini memang ditujukan khusus untuk fotografi.

Dalam situasi apapun dan di manapun ASUS Zenfone 3 dapat diandalkan untuk menghasilkan foto yang incredible. Tertarik membeli? Toko online Blibli.com telah menyediakan smartphone high-end ini.

 

 

Iklan

3 thoughts on “ASUS Zenfone 3: Built For Incredible Photography”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s