Menarik membahas ide film Arrival. “Apa jadinya jika Mak Comblang dari 2 cinta yang bertemu itu adalah Alien?” Nah yang menarik lagi menurut saya, ada kode-kode tertentu terkait tentang cinta, halah 🙂

Pertama adalah bentuk pesawat Alien. Setengah bola. Kode apa ini? Sebelum menjawabnya, mari menghitung ada berapa pesawat Alien yang datang ke Bumi? Ya ada 12. Genap, yang kalau dibagi dua menjadi 6. Artinya? 12 pesawat setengah bola akan menjadi 6 bentuk bola utuh.

Terpikir oleh saya, mengapa pesawat Alien yang datang hanya berjumlah 12? Duar, tidak lain tidak bukan kode 12 pesawat ini merujuk pada 12 rasi zodiak. Kok bisa? Bisa saja karena kalau ke-12 pesawat itu dipasangkan satu persatu akan menjadi 6 pasangan berbentuk bola utuh. Artinya, secara ideal manusia pemilik zodiak akan mencari pasangan zodiak lainnya agar menjadi sepasang bola utuh.

Nah kode 6 pasangan jodoh dalam film Arrival ini, makin diperkuat dengan kode bentuk bola utuh (sekali lagi, jika ke-12 pesawat bergabung menjadi 6 pesawat). Kode bola utuh ini merujuk pada bentuk sel telur. Kok bisa? Bisa saja karena diperkuat dengan kode lain, yaitu Alien itu sendiri. (Saya menulis ini sambil senyum-senyum karena geli sendiri “kok bisa film Arrival begitu” 😀 ).

Sekarang mari beralih ke karakter Alien-nya. Kenapa Louise dan Ian menamai dua Alien dengan Abbot and Castello? Tidak lain tidak bukan karena dua Alien itu berkarakter laki. Kok bisa? Bisa saja karena bentuk tubuh alien itu berwujud Sperma :p

Kode berikutnya adalah bahasa Alien. Bentuknya satu jenis, yaitu lingkaran KB tak utuh. :p Wkwkw, bukan lingkaran biru KB tapi kode universal simbol laki-laki dan perempuan. Makanya, wujud bahasa lingkarannya ada yang tidak sempurna di atas dan di bawah. Kalau mau disempurnakan yang tinggal ditautkan dua lingkaran itu seperti dua cincin yang bertaut setelah janji pernikahan, wadeziik eaaaak :p

MAKANYA BAHASA ALIEN DALAM FILM ARRIVAL ITU DISEBUT BAHASA PERSATUAN. Kenapa coba? ya itu tadi 😀

Nah yang menarik lagi kode ini. Dalam narasi film ada narator menceritakan mengapa ke-12 pesawat memilih lokasi-lokasi pendaratan? Berikut kurang lebih narasinya: “Kenapa mereka mendarat di sini? Ahli di seluruh dunia pun belum bisa mwncari tahu. Teori yang masuk akal adalah mereka memilih tempat di Bumi dengan kemungkinan cahaya yang paling sedikit. Tetapi ada pengecualian. Dan teori masuk akal adalah ‘Shena Eston’ yang berarti setiap lokasi mempunyai lagu hits tahun 1980.”

Duaar, sampai akhir adegan, teori itu belum dijawab oleh film. Artinya, silakan penonton menjawab sendiri. Dan jawabannya adalah: WOOOI YANG MERASA ANGKATAN 80 DAN MASIH LAJANG, BURUAN KAWIN…!!      

 

Iklan