Tantang Nyalimu!

Pelan tapi pasti, gerbang garasi yang dindingnya bertuliskan “Dicari: Laki-Laki Punya Nyali” itu naik ke atas. Kepulan kabut langsung membanjir ketika garasi baru terbuka setengah. Warna kelam bangunan garasi tambah gelap ketika kabut menjadi selubung jarak pandang apa yang akan terlihat di dalamnya. Namun sesuai dengan sifat kabut yang makin lama makin pudar terkena hembusan udara, begitu pula selubung asap di gerbang garasi itu. Seiring tarikan pintu garasi ke atas, samar terlihat tiga sosok wanita cantik.

Gerbang pun akhirnya terbuka sempurna, benar saja ada tiga wanita jelita berada di dalam garasi. Sisa-sisa kabut yang tertinggal, menambah kesan eksotis ketiga wanita berkulit putih itu. Selain berkulit putih, ketiga wanita itu sama-sama mempunyai rambut panjang sedada. Pembedanya, mereka masing-masing berpakaian berwarna biru, merah dan putih. Siapakah mereka?

vlcsnap-2013-12-23-21h45m44s148

Nama mereka masing-masing adalah Ria, Nike Dan Meidina. Mau berkenalan lebih jauh dengan mereka bertiga? Tidak mudah begitu saja untuk berkenalan, ternyata ada syaratnya. “Anda siap menerima tantangan kami,” ujar Nike yang berkaos merah. Ya itulah syaratnya yaitu menerima tantangan mereka bertiga terlebih dahulu baru berkenalan lebih jauh.

Apa bentuk tantangannya? “Ini tantangannya,” sahut Meidina yang berkaos putih melemparkan isyarat. Isyarat kalau ingin berkenalan lebih jauh dengan mereka bertiga harus punya nyali yang menantang. Apa itu nyali yang menantang? Tentu pria yang ingin berkenalan tidak hanya mempunyai sifat nekad sebagai pemberani, tetapi harus juga mempunyai sifat smart menguasai detail.

Pria yang mempunyai kedua sifat itu (pemberani dan smart) sangat diperlukan untuk menerima tantangan mereka karena ternyata bentuk tantangannya adalah mahir menggunakan motor bintang baruNaked Sportbike dari Honda, yaitu CB150R Streetfire. Bukan tanpa alasan mahir menggunakan motor 150cc ini, seorang pria harus mempunyai sifat pemberani dan juga smart. Untuk tahu lebih jauh, mari mengakrabkan diri dengan Ria, Nike Dan Meidina.

Nike

Naked sportbike

Profesi Nike adalah spesialis desain otomatif Honda CB150R Streetfire. Dari kelihaian kedua tangannya lahirlah desain motor yang berbody agresif, berkarakter tajam dan berkesan ramping. Tidak hanya itu, Nike juga membuat satu rangkaian body motor menjadi ringan ketika digunakan berkendara.

Rahasia kenapa motor Honda CB150R Streetfire ringan ketika digunakan, ada pada jenis motornya yaitu naked sportbike dan motor Honda ber-type CB. Motor bertype naked sportbike adalah perpaduan dari dua jenis, yakni jenis sportbike dengan jenis roadbike. Itu satu. Kedua, Honda CB150R Streetfire merupakan perpaduan dari desain Honda CB1000R dengan performa mesin legendaris Honda CBR150R serta inovasi teknologi terkini. Maksud dari kedua rahasia perpaduan itu adalah, Honda CB150R Streetfire berpenampilan sportbike tetapi tangguh dan ringan ketika digunakan di jalan raya umum karena adaya dukungan dari teknologi terkini.

3 Slim, Light & Speedy Design

Untuk mendukung perpaduan tampilan sporty dan berforma gahar bagi pengendara, maka Nike membuat body tangki motor Honda CB150R berdesain ramping, berarsitektur cerah, dan bergaris dinamis. Tujuan Nike merancang body motornya seperti itu agar ketika Honda CB150R dikendarai nampak aura kecepatannya.

4 Ergonomic Handling

Masih banyak yang dirancang Nike selain pada body motor. Salah satunya ada pada stang motor. Kedua stang motor Honda CB150R didesain ergonomis agar pengendara mampu memaksimalkan kinerja motor melalui pegangan motornya tanpa harus kehilangan kenyamanan akibat kelelahan pada otot-otot tangan. Jadi ketika kedua tangan menggenggam pegangan motor di saat berkendara maka rintangan jalan akan mudah ditaklukkan.

5 Sporty Fuel Tank & Body Shroud

Tadi ada yang terlewat ketika Nike merancang body tanki agar beraura dinamis, ia juga merancang body tangki motor berpenampilan maskulin.  Body tanki bensin dibuat tambun namun kekar dengan tambahan garis-garis tajam.

6 Futuristic Headlight

Untuk mengimbangi rangka body Streetfire yang kekar, Nike menanamkan corong motor dengan lampu depan yang besar dan futuristik. Gunanya agar pengendara terjamin penerangannya dalam setiap kondisi berkendara, malam, mendung maupun siang yang berkabut.

8 Sporty Rear Grip

Tentu Nike tidak hanya peduli dengan desain yang nyaman bagi pengendara Honda CB150R, tetapi ia juga membuat desain yang nyaman bagi pembonceng. Kenyamanan ini terlihat dari rancangan pegangan belakang yang kokoh dan pijakan kaki yang kukuh menggantung.

9 Sporty Rear Pillion Step

10 New Sporty Muffler

Terakhir yang tidak dilupakan Nike adalah mendesain knalpot motor. Karena rangka motor (frame) CB150R bertipe tubular, maka Nike merancang pipa pembuangan asap emisi motor dengan menambahkan lekukan leher pada knalpot namun tetap berpenampilan sporty. Efeknya, kegagahan raungan motor yang keluar dari bunyi knalpot dapat menambah semangat berkendara.

Itulah semua rancangan Nike, dibutuhkan pria bernyali yang pemberani untuk lebih kenal jauh dengan wanita berkaos merah ini.

Efisien dan irit

11 Ria

Lain lagi dengan Ria, untuk akrab dengannya dibutuhkan pria yang bernyali cerdas. Alasannya, profesi Ria adalah spesialis mesin dan rangka Honda CB150R StreetFire. Paling tidak, pria yang dekat dengan dirinya harus menyukai hal-hal yang mendetail dan advanced dengan inovasi teknologi terkini. Berikut tips-tips untuk akrab dengan Ria.

12. DOHC

Pertama, pria itu harus tahu keunggulan mesin CB150R dibanding motor-motor lainnya di kelasnya. Mesin CB150R menggunakan superior engine canggih bertipe overbore daripada overstroke. Keunggulan tipe overbore dibanding overstroke, adalah performa mesin terus melimpah ketika terus di-geber di jalanan panjang. Tidak hanya itu keunggulannya, mesin tipe overbore juga membuat akselarasi motor terus bernafas panjang tanpa harus cepat-cepat mengganti gigi.

Selain bertipe overbore, CB150R juga menggunakan mesin bertipe DOHC (Dobbel Over Head Chamshaft) 6-SPEED. Dibanding SOHC (Single Over Head Camshaft), DOHC 6-speed Streetfire mempunyai keunggulan mengurangi kelembapan massa saat motor terus-menerus dikendarai. Jadi Honda CB150R juga sangat cocok digunakan untuk touring berombongan. Untuk lebih mengerti keunggulan overbore dan DOHC 6 kecepatan pada Streetfire, berikut tersaji gambar ilustrasi mengenaI perbandingan akselerasi Honda CB150R dengan motor lainnya di kelasnya.

13. Acceleration Comparison

Ilustrasi gambar perbandingan akselerasi di atas juga menceritakan, ketika sama-sama start balapan antar kedua motor, motor merk lain sedikit lebih unggul mengawali akselerasinya. Akan tetapi pelan tapi pasti akselerasi Honda CB150R akan menyusul motor lain itu karena dibantu sifat mesin overbore yang melaju cepat di rpm (revolution per minute) menengah ke atas dengan nafas panjang. Apalagi ditunjang dengan 6-speed yang sangat membantu motor ketika di-geber terus-menerus, maka Streetfire terus bertenaga.

14. New Innovative Truss Frame

Tidak cukup tahu kelebihan mesin CB150R, namun pria yang ingin kenal lebih jauh dengan Ria juga harus mengerti keunggulan rangka mesinnya dan radiatornya. Model rangka mesin Streetfire ber-frameteralis (tubular). Keunggulan model teralis dibanding model delta box adalah ketika motor dipacu. Pengendara merasa stabil, lincah dan nyaman.

15. Liquid Cooled With Auto Fan

Bagaimana dengan radiator Honda CB150R? Jelas keunggulannya adalah menyandang kinerja pendinginan lebih cepat. Jadi ketika pengendara memacu CB150R di RPM tinggi, mesin tidak cepat panas. Apalagi ketika di jalanan macet, pendingin mesin membantu memperpanjang usia mesin karena efisiensinya.

16. PGM-FI

Masih ingin akrab dengan Ria, spesialis mesin dan rangka Honda CB15R Streetfire? Kalau begitu, ini tips kedua setelah tips pertama tentang keunggulan DOHC beserta komponen-komponennya. Tips kedua adalah pria yang ingin akrab dengan Ria harus mengerti cara kerja PGM-FI (Programmable Fuel Injection) yang berperforma efisien dan irit.

Efisien karena cara kerja PGM-FI mengutamakan pengkontrolan terhadap upaya pembakaran agar tercapai pembakaran maksimal ketika motor dikendarai. Nah ketika terjadi pembakaran maksimal maka PGM-FI juga mampu menghasilkan semburan yang berlimpah. Sedangkan untuk irit alasannya karena cara kerja PGM-FI ramah lingkungan sesuai peraturan EURO-2. Maksudnya, asap yang terbuang dari knalpot Honda CB150R bukan lagi emisi sia-sia hasil dari tidak maksimalnya pembakaran antara bensin dengan udara. Untuk lebih memperjelas, berikut empat gambar ilustrasi hasil dari kombinasi efisiensi dengan iritnya PGM-FI.

17. Maximum ower Comparison

18. Maximum Torque Comparison

19. Maximum Speed Comparison

20. EURO-2 Emission Standard

Canggih dan advanced

21. Miedina

Itulah dua tips singkat untuk akrab dengan Ria. Lalin lagi dengan Meidina, untuk akrab dengan wanita ber-blus putih ini, tidak hanya sekedar pria yang pemberani dan smart tetapi kombinasi dari kedua sifat itu. Yakni pria berkarakter atraktif, sebagai hasil dari gabungan sifat pemberani dan smart.

Alasannya, profesi Meidina adalah spesialis fitur dan aksesoris Honda CB150R Streetfire maka dari itu dia senang akrab dengan pria yang atraktif ketika mengendarai motor. Pria Atraktif adalah lelaki yang andal menerapkan atau mengaplikasikan keunggulan inovasi teknologi terkini pada Streetfire di jalanan. Mari mengulik satu per satu keunggulan fitur-fitur canggih yang ditanamkan dalam motor Honda CB150R Streetfire.

22. Pro-Link Rear Supension

Pertama, fitur suspensi MonoShock yang sudah Pro-Link. Kegunaannya tentu untuk kenyamanan pengendara. Semisal, ketika rider melewati jalan berbatu atau banyak polisi tidurnya. Lalu, ketika ridermengendarai motornya dengan beraksi miring ke kanan lalu ke kiri dan terus beraksi begitu untuk menghindari rintangan. Atau, ketika rider tiba-tiba terjebak pada jalan berlobang di depannya namun sudah tidak bisa menghindar. Semua halangan itu bisa dihindari dengan suspensi MonoShock Pro-Link karena efek getaran besar yang muncul ketika melewati semua bentuk rintangan itu, bisa teredam dan terstabilkan kembali.

23. Ally Wheels With Tubeless Tires

Kedua, fitur Tubelees di kedua ban Honda CB150R. Fitur ini bermanfaat ketika ban tertusuk benda tajam, ban tidak langsung kempes namun perlahan-lahan karena adanya inner linner yang kedap udara, jadi masih ada waktu panjang untuk mencari penambal ban. Selain itu,  kegunaannya adalah ketika paku terus menempel ban, velg tidak cepat rusak karena di dalam ban ada karet bundar breaker yang berfungsi meredam hantaman dari benda tajam.

24. Bank Angle Sensor

Ketiga, fitur Bank Angle Sensor (BAS) yang safety. Keunggulan fitur ini pengendara akan merasa nyaman ketika melakukan aksi miring ke kanan lalu ke kiri ketika memacu Honda CB150R. Apalagi miring dengan sudut yang ekstrim, alasannya karena ECU (Electronic Control Unit) sebagai otak dari indera sensor bekerja otomatis mematikan ketika motor rebah lalu menghidupkan kembali pada saat motor tegak.

25 Front&Rear Disc Brake

Keempat, fitur cakram ganda pada rem depan dan belakang Honda CB150R. Keunggulan fitur ini bisa difungsikan dengan sangat baik ketika pengendara melakukan Stoppie (mengerem mendadak dan ekstrim sehingga bagian belakang motor terangkat). Tidak hanya itu saja, fitur ini juga berguna ketika rider beraksi Wheely (mengangkat ban motor bagian depan) sehingga pengendara tidak terjengkang ke belakang.

26. Digital Speedometer

Kelima, fitur digital pada speedometer. Fitur iini berguna ketika pengendara ingin memantau kecepatan motor, penunjuk habis tidaknya bensin dan akselarasi kilometer motor, maka semua informasi itu terpampang jelas.

Selain kelima fitur yang telah disebut, masih ada fitur-fitur lainnya. Misalnya seperti pengunci stater magnetis yang berrguna untuk mengurangi resiko kemalingan. Ada juga fitur lampu depan otomatis menyala ketika motor dihidupkan dan fitur Sprocket Chain Stopper yang mampu mencegah ban belakang terkunci ketika rantai belakang motor terlepas

Spesifikasi meidina

Nah jadi bagaimana, andakah pria atraktif yang mau berkenalan dengan Meidina? Kalau ya ada sedikit tips lagi bagi pria yang atraktif yang akan atau sudah memiliki Honda CB150R, agar lebih familiar dengan Meidina dan senada dengan warna kaosnya, gunakankanlah Streetfire berwarna Speedy White dan Lightning White.

Beda lagi bagi pria yang pemberani dan pria yang smart. Nike senang akrab dengan pria yang pemberani maka dari itu pria yang cocok dekat dengannya adalah lelaki pengguna CB150R berwarna Furious Red. Lain lagi dengan Ria, ia senang berkenalan dengan pria yang smart, maka dari itu sebaiknya lelaki yang ingin akrab dengannya adalah pengguna Streetfire Astro Black.

vlcsnap-2013-12-26-10h45m01s97

Sekarang, nikmatilah tantangan Nike, Ria dan Meidina kalau Anda para pria yang masih punya nyali. BERANI?

Note: Semua materi gambar di tulisan ini, bersumber dari Iklan Honda CB150R StreetFire (Indonesia)