“Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yang tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh”

Uang bisa jadi sahabat, bisa juga jadi musuh. Tergantung bagaimana cara anda  memperlakukan uang tersebut. Salah satu perlakuan agar uang bisa menjadi sahabat adalah menabung.

 

Uang yang ditabung akan menyelamatkan masa depan anda, terutama di masa-masa sulit. Ketika masa sulit, banyak teman-teman anda menjauh. Tidak dengan sahabat, mereka akan melindungi anda.

Akan tetapi butuh tantangan tersendiri menjadikan uang, sahabat bagi masa depan anda. Tantangan utama adalah memperlakukan uang mau dibelanjakan sekarang atau ditabung.

 

Godaan seperti itu seharusnya bisa diatasi kalau saja anda memiliki perencanaan keuangan tersendiri. Sederhananya bagaimana memisahkan uang pemasukan bulanan menjadi uang belanja bulanan, uang kebutuhan bulanan dan pos uang untuk lain-lainnya.

 

Kalau mengikuti saran kebanyakan financial planner, sisihkan 10 % untuk pos tabungan. Praktiknya ada yang bisa ada yang tidak, terutama bagi anda yang uang pemasukan bulannya pas-pasan atau malah tidak pasti ada setiap bulan.

 

Jika anda saat ini mengalami situasi tidak bisa menyisihkan 10 % untuk menabung, manfaatkan saja uang nganggur. Uang nganggur adalah uang receh atau uang kembalian hasil dari uang sisa transaksi jual-beli sehari-hari.

 

Tabungan Online

Daripada menumpuk di saku celana atau di tempat penyimpanan lain, lebih baik uang nganggur langsung dimanfaatkan untuk menabung. Tentu bisa langsung ditabung tanpa harus ribet membuat buku tabungan terlebih dahulu di Bank.

 

Ketika belanja di Alfamart atau Alfamidi misalnya, uang nganggur anda bisa langsung ditabung. Sebelum menyetor ke kasir minimarket tersebut, terlebih dahulu download aplikasi SOBATKU di Play Store.

 

App SOBATKU (Simpanan Online Sahabatku) adalah tabungan online yang memiliki berbagai fitur nabung dan transaksi dengan mudah, gratis dan praktis. SOBATKU ditujukan bagi anda yang tidak sempat ke Bank, di mana setiap orang dapat membuka rekening tabungan dan menikmati layanan layaknya di perbankan dengan menggunakan smartphone.

 

Untuk menabung bisa dilakukan dengan cara transfer bank, transfer sesama SOBATKU, transfer ke nomor HP, dan juga dapat menabung melalui jaringan minimarket Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

 

Undian

Selain bisa menyelamatkan uang nganggur dari transaksi tidak jelas, memiliki SOBATKU anda akan berkesempatan diikutkan dalam Undian Milyaran Rupiah.

 

Program undian SOBATKU dengan total hadiah milyaran rupiah adalah undian bulanan dan undian grand prize 100 juta setiap 3 bulan. Nominal hadiah yang bisa dimenangkan adalah grand prize sebesar 100 juta dan ratusan undian bulanan sebesar 10 juta, 5 juta, 1 juta , 500 ribu,100 ribu.

Undian SOBATKU berlaku bagi nasabah dengan status akun UPGRADE yang bisa didaftarkan dengan mudah dengan cara upload KTP pada saat proses registrasi melalui aplikasi SOBATKU.

Semakin banyak poin SOBATKU, semakin besar kesempatan anda menang undian. Uniknya, di program undian SOBATKU, anda bisa menang hingga berkali-kali, baik itu di undian bulanan maupun undian grand prize 100 Juta.

Setiap kali menabung di SOBATKU anda akan mendapatkan poin sesuai dengan aturan poin yang berlaku di SOBATKU. Setiap akhir bulan, akan dilakukan perhitungan poin saldo dengan mekanisme sebagai berikut:

A . < Rp 500.000 Setiap Rp 50.000 = 10 poin

B. Rp 500.000 s.d. < Rp 10.000.000 Setiap Rp 50.000 = 30 poin

C.  ≥ Rp. 10.000.000 Setiap Rp 50.000 = 40 poin

Dengan memiliki rekening tabungan online SOBATKU, selamat uang anda sudah menjadi sahabat yang menguntungkan bagi masa depan anda terutama di masa-masa sulit.

 

 

*** Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi