“…Allah SWT mengutus malaikat untuk meniupkan ruh ke janin. Kemudian, Malaikat tersebut menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya… (Kutipan hadist dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu. Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim).” Sumber hadist 

Gambar Dibuat Sendiri Oleh Saya Penulis Di Canva

 

Dari kutipan hadis tersebut; rezeki, ajal, amal, kecelakaan dan kebahagiaan masing-masing orang memang telah ditetapkan, akan tetapi apakah seseorang itu harus pasrah saja dengan ketetapannya? Sebagian orang akan beropini tentu tidak, doa dan ikhtiar akan menjaganya. Doa dan ikhtiar inilah yang dinamakan harapan untuk hidup atau tidak berputus asa dari rahmat Allah SWT.

 

Menjaga atau melindunginya, bisa secara minimal atau dengan cara maksimal. Cara minimal hanya berguna untuk melindungi diri sendiri. Dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang mempunyai kedua orangtua atau memiliki keluarga, maka tidak lah cukup hanya berdoa dan ber-ikhtiar untuk diri sendiri. Perlu kado perlindungan syariah yang maksimal agar orangtua atau keluarga juga terjaga dari rahmat Allah SWT.

Satu prinsip dasar yang perlu diingat karena rahmat Allah SWT yang dicari untuk dilindungi, maka perlu cara-cara baik (syar’i) dalam berdoa apalagi berikhtiar. Cara-cara syar’i adalah cara mendapatkan atau menjaga sesuatu dengan upaya halal dan amanah. Saat ini, apakah sulit mengupayakan sesuatu dengan cara-cara syar’i?

 

Saat ini di Indonesia sudah ada sistem ekonomi syariah, di antaranya adalah asuransi. Mengikuti kutipan hadist di atas, asuransi syariah berarti usaha melindungi ajal, amal, kecelakaan dan kebahagiaan masing-masing anggota keluarga dengan rezeki halal serta dengan cara-cara yang syar’i. Menurut Dewan Syariah Nasional, definisi asuransi syariah adalah

 

Usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. (sumber: DSN MUI)  

 

Prinsip Dasar Asuransi Syariah

 

Dari dua definisi asuransi syariah tersebut, bisa disimpulkan beberapa prinsip dasar asuransi syariah. Pertama melindungi anggota keluarga berarti ada upaya tolong-menolong. Kedua, upaya tolong-menolong tersebut diawali dengan akad yang sesuai dengan syariah.

 

Ketiga, mekanisme pertanggungan asuransi syariah dari perusahaan ke peserta asuransi adalah sharing of risk atau “saling menanggung risiko” apabila terjadi musibah. Keempat, peranan perusahaan asuransi pada asuransi syariah terbatas hanya sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta.

 

Kelima, produk asuransi syariah tidak berinvestasi pada usaha-usaha yang haram atau dihindari agama. Dan keenam, asuransi syariah merupakan asurasi ideal bagi setiap kalangan, baik umat muslin maupun non muslim.

Gambar Dibuat Sendiri Oleh Saya Penulis Di Canva

 

Allisya Protection Plus

 

Upaya tolong-menolong berupa perlindungan asuransi juga dapat dimaksimalkan kegunaannya untuk masa depan, yaitu ketika dana asuransi dimanfaatkan untuk investasi. Double perlindungan asuransi ditambah investasi masih secara syar’i tentunya. Kegunaan double perlindungan ini sesuai dengan ayat an-Nisa’ ayat 9: “Dan hendaklah orang-orang takut kepada Allah, bila seandainya mereka meninggalkan anak-anaknya, yang dalam keadaan lemah, yang mereka khawatirkan terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan mengucapkan perkataan yang benar” dan juga hadist:

 

Barangsiapa melapangkan seseorang dari salah satu kesusahan di dunia, maka Allah SWT akan melapangkan salah satu kesusahannya di akhirat (Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim).

 

Jika ingin mencari ketenangan hidup yang berkah dan maksimal untuk keluarga beserta keturunannya di masa depan, yuk berasuransi sekaligus berinvestasi bersama Allianz Syariah. Salah satu produk Allianz Syariah dinamakan Allisya Protection Plus.

 

Allisya Protection Plus merupakan produk asuransi plus investasi berbasis syariah dengan perlindungan seumur hidup yang dapat mewujudkan impian masa depan. Program ini memberikan perlindungan maksimal atas kejadian yang tidak diharapkan dan dapat mempengaruhi kondisi keuangan keluarga tercinta.

 

Keunggulan produk asuransi Allisya Protection Plus banyak, di antaranya: Bebas memilih cara pembayaran secara bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan; Manfaat asuransi bila terjadi musibah berupa santunan asuransi plus nilai investasi; Bebas menentukan masa pembayaran premi; Dapat menambahkan dana untuk meningkatkan investasi kapanpun bila diinginkan;

 

Dapat melakukan penarikan dana untuk memenuhi kebutuhan financial atau dalam keadaan darurat; Dapat membuat sendiri rencana keuangan keluarga sesuai kebutuhan dan mereviewnya kapanpun diperlukan; Dapat menambahkan jenis perlindungan lainnya kapanpun dibutuhkan seperti santunan kecelakaan, penyakit kritis, cacat tetap total atau meninggal bagi pasangan suami istri; Dapat mengikut sertakan program ini untuk anak-anak, pasangan, saudara kandung, dan keluarga Anda lainnya.

Gambar Dibuat Sendiri Oleh Saya Penulis Di Canva

Manfaat Perlindungan Jiwa Dan Investasi

 

Tak hanya menawarkan keunggulan atau nilai pembeda dari produk asuransi syariah lainnya, Allisya Protection Plus juga memberikan manfaat asuransi jiwa serta investasi.

 

Ada delapan pilihan manfaat perlindungan jiwa Allisya Protection Plus hingga 100 tahun. Di antaranya: Accidental Death & Disablement Benefit Syariah. Layanan perlindungan terhadap risiko Meninggal Dunia, Cacat Tetap Total, dan Cacat Tetap Sebagian akibat dari kecelakaan. Critical Illness (CI Syariah & CI Plus Syariah). Layanan perlindungan terhadap 9 jenis Penyakit Kritis. Terdapat dua pilihan sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Manfaat dapat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi Maslahat Asuransi Polis Dasar.

 

Critical Illness 100 Syariah. Yaitu, layanan perlindungan terhadap 100 kondisi Penyakit Kritis yang konprehensif sampai dengan usia 100 tahun dari kondisi awal (Early Critical Illness) sampai kondisi paling parah (Catastropic CI). Total Permanent Disability Syariah. Layanan perlindungan terhadap Cacat Tetap Total akibat penyakit atau kecelakaan. Terdapat dua pilihan sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Manfaat dapat dibayarkan tanpa atau akan mengurangi Maslahat Asuransi Polis Dasar.

 

Payor Protection/Spouse Payor Protection Syariah. Layanan yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika Pemegang Polis atau Pasangan Pemegang Polis meninggal dunia. Payor Benefit/Spouse Payor Benefit Syariah. Layanan yang menawarkan pembebasan kontribusi, jika Pemegang Polis atau Pasangan Pemegang Polis terdiagnosa salah satu dari 49 Penyakit Kritis atau mengalami Cacat Tetap Total.

 

Flexicare Family Syariah. Layanan perlindungan terhadap risiko kesehatan diri pribadi dan keluarga bila harus menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit. Maksimal jumlah unit yang diambil adalah 15 unit per jiwa dan 1 unit setara dengan Rp. 100.000,-. AlliSya Hospital & Surgical Care +. Layanan perlindungan yang komprehensif berupa manfaat Rawat Inap dan manfaat tambahan lainnya dalam bentuk reimbursement maupun cashless.

 

Ini dia dobel keuntungannya di asuransi Allianz syariah Allisya Protection Plus, yaitu manfaat investasi. Nilai investasi diberikan sejak tahun pertama berasuransi. Selanjutnya, nilai investasi akan terus berkembang dan tentu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial pribadi.

 

Ada tiga jenis pilihan investasi di Allisya Protection Plus. AlliSya Fixed Income Fund. Investasi yang menawarkan pendapatan stabil dengan menjaga modal untuk jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen jangka panjang seperti Obligasi. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta risiko rendah hingga sedang.

 

AlliSya Balanced Fund. Investasi yang menawarkan pertumbuhan modal jangka panjang dengan stabil dengan penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan dalam instrumen jangka menengah seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen jangka panjang seperti Obligasi dan saham. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta risiko sedang.

 

AlliSya Equity Fund. Investasi yang menawarkan pendapatan jangka panjang yang maksimal melalui penempatan dana dalam mata uang Rupiah, diinvestasikan dalam instrumen jangka pendek seperti Deposito, Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk), atau Reksadana dan instrumen  saham baik langsung maupun melalui reksadana. Tingkat keamanan dan stabilitas tinggi serta risiko tinggi.

   

Infografis 2 manfaat asuransi syariah Allianz: Allisya Protection Plus | Gambar Dibuat Sendiri Oleh Saya Penulis Di Canva

Yuk mari berinvestasi dan berasuransi di Allisya Protection Plus karena masa depan keluarga jadi lebih terjamin dari rizki yang halal. Jika rizki sudah halal untuk menafkahi keluarga, berkah akan sering didapat. Termasuk, membiayai perjalanan pergi Haji. semoga gelar Mambrur tercatat di pahala akhirat nanti.

Kalau ingin berbagi berkah lebih dahulu dengan cara mewujudkan impian orang lain pergi Umroh bersama Allianz, BISA. Klik kadoumroh untuk memberi vote cerita paling inspiratif. Setelah memberi vote, simpan (bookmark) halaman web tersebut, agar tahun 2019 berkesempatan serta berpartisipasi menuliskan Cerita Hidup Inspiratif dari Calon Penerima yang dianggap kurang mampu dan layak menerima KADO UMROH.

 

Panduan Bagi Pemula Yang Ingin Berinvestasi Jangka Panjang | Gambar Dibuat Sendiri Oleh Saya Penulis Di Canva